• Fieldtrip Puncak Tema Term 3 Mengenal Lingkungan Sekitar

    Posted on March 27, 2012 by in Al Azhar 31 Yogyakarta

    Murid-murid Kelas 1 SD Islam Al Azhar berkunjung ke objek wisata Kepurun, Klaten pada tanggal 29 Februari 2012. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka puncak tema term 3 dengan tema Mengenal Lingkungan Sekitar. Kegiatan ini bertujuan agar murid-murid lebih mengenal lingkungan sekitar serta dapat mengaplikasikan hal-hal yang dipelajari di sekolah dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kegiatan ini murid-murid diajak berkeliling lingkungan objek wisata Kepurun meliputi lingkungan perkebunan dan peternakan. Murid-murid lalu diajak mempraktekan membuat bakso, telur asin dan menanam selada. Murid-murid sangat antusias saat melakukan aktivitas di Kepurun. Murid-murid dapat membawa pulang bakso, telur asin dan bibit tanaman selada hasil kreasinya

    Suasana pembiasaan berdoa kepada murid-murid dalam memulai segala aktivitas. Murid-murid diajak berdoa sebelum melakukan perjalan ke Kepurun setelah menyimak pesan-pesan dari kepala sekolah SD Islam Al Azhar Ibu Suhartini NS, M. Pd.

    Murid-murid sangat senang saat diajak berkeliling peternakan. Murid-murid bahkan senang saat diajak memberi makan sapi dan rusa. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah kesadaran murid-murid bahwa segala yang ada di bumi adalah ciptaan Allah Swt.

    Murid-murid diajak menanam bibit selada setelah berkeliling lingkungan perkebunan. Murid-murid menjadi lebih paham mengenai jenis-jenis tanaman buah dan sayur, bahkan jenis-jenis media tanam.

    Murid-murid mempraktekan membuat bakso. Dalam kegiatan anak-anak diajarkan untuk menjaga kebersihan sebelum dan saat memasak. Hal ini terkait dengan integrasi imtak bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.

    Seorang instruktur sedang menerangkan cara membuat telur asin. Murid-murid dengan serius memperhatikan. Murid-murid kaget saat mengetahui bahwa proses membuat telur asin membutuhkan waktu 11 hari serta perebusan selama 2 jam. Murid-murid kemudian mencoba membuat telur asin dengan bergantian mengambil telur dan melumuri dengan lumpur khusus. Dalam kegiatan ini murid-murid diajarkan untuk bersabar dalam melakukan usaha untuk mendapat hasil yang memuaskan.

    Setiap kegiatan dalam fieldtrip ke Kepurun dan kegiatan sekolah di SD Islam Al Azhar tidak akan terlepas dari pelajaran akhlak. Murid-murid tidak hanya diajarkan tentang materi saja tetapi juga dengan praktek, selain itu yang terpenting adalah pembelajaran yang dilakukan diintegrasikan dengan imtak. Dengan demikian murid-murid tidak hanya pandai dalam pelajaran tetapi juga memiliki akhlakul karimah yang baik