Wujudkan Kemandirian Finansial pada Murid, SD Islam Al Azhar 59 Wonosari Gelar Market Day di Alun-alun Wonosari



Al Azhar Yogyakarta - Literasi finansial adalah salah satu dari literasi dasar yang harus dikuasai anak Indonesia di abad 21. Literasi finansial sangat diperlukan untuk mendidik manusia sadar dan paham tentang bagaimana cara mengelola keuangan secara bijak dan sesuai kebutuhan. Pasalnya, di era ini, generasi yang tidak dapat mengelola finansialnya dengan baik, akan mendapatkan tantangan yang lebih berat di masa mendatang.

Dalam rangka menumbuhkan kemampuan literasi finansial, SD Islam Al Azhar 59 Wonosari melaksanakan rangkaian kegiatan “Market Day”. Dalam agenda Market Day ini, murid diajak untuk merencanakan dan mempresentasikan business plan mereka, serta akan melaksanakan ide bisnis tersebut di hari yang telah disepakati.

Sebagai puncak acara, pada hari Ahad 12 Maret 2023, murid murid menggelar Market Day di area Car Free Day Alun Alun Wonosari. Murid-murid kelas 4 dan 5 dibagi menjadi 8 kelompok dan berjajar sepanjang 12 meter di depan Lapangan Voly Pantai yang ada dekat Taman Kota. Selain antusias murid-murid, antusias orangtua murid dan juga para pengunjung sangat tinggi hingga memadati area Car Free Day Alun Alun Wonosari.

Pada acara ini, murid-murid menjajakan jajanan hingga souvenir sebagai wujud dari ide bisnis mereka. Untuk booth makanan, tersedia susu kurma, dimsum, macaroni schotel, klepon hingga nasi ayam dan nasi berkat. Sedangkan untuk booth non makanan, murid-murid menjual gelang, scrunchie buatan sendiri, sticker, amplop lebaran, gantungan kunci hingga tanaman hias.

Harga yang dibanderol untuk aneka jualan tersebut beraneka ragam dari yang termurah Rp.1000,00 hingga Rp.12.000,00 yang mana masih sangat terjangkau untuk kalangan pembeli. Meskipun demikian, diakhir kegiatan murid-murid mampu membukukan keuntungan yang tidak sedikit. Keuntungan tersebut kemudian digunakan untuk mengembalikan modal yang dipinjam dari orangtua masing-masing, dan sisanya untuk keuntungan kelompok.

Sebagai ajang untuk meningkatkan literasi finansial, kegiatan ini juga mampu membentuk rasa percaya diri dari murid-murid. Pasalnya, selain berjualan di booth yang disediakan, murid-murid juga berkeliling dan mempromosikan hingga menjual dagangannya menyusuri Car Free Day Alun Alun Wonosari. Antusias murid dan orangtua murid terbayarkan dengan rasa bangga bahwa putra-putrinya juga mampu mewujudkan kemandirian finansial melalui agenda ini.

Market Day Al Azhar Wonosari, I’m Financially Literated! (Ms Aini )